Cara Tepat Jawab Pertanyaan Gaji yang Diinginkan

0
496
Cara Tepat Jawab Pertanyaan Gaji yang Diinginkan

Cara Tepat Jawab Pertanyaan Gaji yang Diinginkan – Ketika menjalani wawancara kerja, pasti tidak jauh dari pertanyaan gaji. Untuk sebagian orang pasti ingin gaji yang tinggi, namun untuk mengatakannya pasti sulit.

baca juga : Berikut Tips Negosiasi Untuk Kenaikan Gaji

Maka dari itu perlunya persiapan serta strategi agar anda bisa memberikan jawaban yang lebih profesional.

Berikut ini cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan gaji ketika wawancara kerja :

Riset Terlebih Dahulu

Coba lakukan riset terlebih dahulu gaji sesuai dengan posisi yang anda lamar. Dengan begitu ada bisa mengetahui berapa standar gaji posisi anda serta bisa memberikan jawaban realistis ketika ditanya mengenai gaji yang diinginkan.

Informasi berupa gaji rata-rata ini bisa anda temukan di sosial media, forum diskusi, internet atau bahkan kenalan yang sedang bekerja di bidang tersebut. Dengan melakukan riset anda akan lebih percaya diri untuk memberikan jawaban anda.

Berikan Kisaran Gaji yang Lebih Fleksibel

Ketika ditanya gaji yang diinginkan, sangat penting untuk memberikan jawaban gaji yang fleksibel. Jangan memberikan satu angka gaji saja, namun berikan kisaran sesuai standar gaji pada industri serta posisi tersebut.

Contohnya anda dapat memberikan gaji tertentu, tapi terbuka juga diskusi lebih lanjut mengenai gaji yang disesuaikan dengan tanggung jawab di perusahaan. Dengan gaji fleksibel itu menunjukkan bahwa anda tidak fokus pada gaji saja, tapi pada karier serta pengalaman kerja yang didapatkan.

Jangan Memberikan Jawaban Terlalu Tinggi atau Rendah

Ketika menjawab pertanyaan gaji, pentingnya untuk menghindari jawaban yang terlalu tinggi atau rendah. Memberikan jawaban rendah pasti anda dinilai untuk tidak menghargai kualifikasi serta pengalaman yang anda bawa dari perusahaan, sebaliknya memberikan terlalu tinggi juga membuat anda terlihat tidak realistis dan sulit bekerja sama.

Maka dari itu coba berikan gaji yang realistis saja. Sesuaikan dengan standar gaji di industri tersebut. Anda juga dapat memberikan penjelasan secara rinci mengenai alasan anda menentukan gaji tersebut seperti pengalaman, tanggung jawab yang anda lakukan dsb. Hal ini dapat memperkuat alasan anda untuk mendapatkan gaji tersebut.

Tanyakan Lebih Lengkap Mengenai Pekerjaan Serta Tunjangan

Jangan lupa untuk tanyakan lebih lanjut mengenai pekerjaan anda serta tunjangan dari perusahaan. Hal ini bisa menentukan kisaran gaji yang realistis serta sesuai dengan standar gaji anda di industri tersebut.

Kemudian tanyakan juga tanggung jawab anda pada proyek perusahaan yang dikerjakan, serta keterampilan yang diperlukan. Tunjangan berupa asuransi, cuti, bonus dsb juga perlu ditanyakan. Dengan mengetahui benefit tersebut maka anda bisa menghitung kembali kisaran gaji yang diinginkan.

Jadi itu dia cara untuk menjawab berapa gaji yang anda inginkan ketika dalam wawancara kerja. Tetap fokus pada nilai yang anda bawa dari perusahaan, jangan berfokus pada angka gaji saja. Ikuti tips di atas dan pasti anda bisa memberikan jawaban yang lebih meyakinkan serta profesional. Tetap semangat!