Kesalahan Fatal Ketika Mencari Pekerjaan

0
503
Kesalahan Fatal Ketika Mencari Pekerjaan

Kesalahan Fatal Ketika Mencari Pekerjaan – Tanpa disadari, ketika sedang mencari pekerjaan ternyata ada kesalahan yang sering kali terjadi oleh para pencari kerja. Kesalahan ini sendiri bisa tergolong cukup fatal dan bahkan membuat anda kehilangan pekerjaan yang anda inginkan.

baca juga : Tips Agar Bisa Mengurangi Kesalahan Dalam Bekerja

Maka dari itu agar anda bisa menghindari kesalahan fatal tersebut, blog kitakerja disini dapat membantu anda untuk memberi tahu kesalahan fatal apa saja yang biasa dilakukan oleh para pencari kerja. Simak dengan baik ya!

Berikut ini kesalahan fatal ketika mencari pekerjaan :

Melamar ke Setiap Lowongan Pekerjaan

Mencoba keberuntungan dengan melamar di berbagai lowongan pekerjaan pasti sering dilakukan oleh para pencari kerja. Sebenarnya hal ini cukup fatal sebab pelamar tidak mengetahui apakah lowongan kerja yang ada itu kriterianya cocok dengan pelamar atau tidak.

Alangkah baiknya untuk mengetahui dulu kualifikasi serta kriteria pekerjaan dari sebuah lowongan pekerjaan dahulu, baru melamar. Bila tidak sesuai kriteria atau kualifikasi, sebaiknya pelamar mencari pekerjaan lain yang sesuai.

Mengabaikan Networking

Networking merupakan salah satu cara yang tidak bisa dilewatkan ketika mencari pekerjaan. Pentingnya networking ini agar anda ini agar anda tetap membangun hubungan dengan banyak orang. Jadi sangat baik bila anda memelihara networking dengan banyak orang.

Dengan networking yang bagus, tentu saja membuat pelamar kerja ini memiliki daftar orang-orang sekitarnya dan bisa membantu proses pencarian kerja. Maka dari itu jaga baik komunikasi dan bisa meminta bantuan kepada mereka.

Tidak Berlatih Keras

Tahapan yang dilalui oleh para pelamar pastinya tidak mudah, salah satunya adalah wawancara. Mungkin anda sudah termasuk dalam tipe pelamar yang tidak asing dengan salah satu langkah ini, sehingga anda menganggap enteng langkah ini.

Nah, pemikiran seperti inilah yang membuat anda tidak berlatih keras dan berujung kesalahan fatal. Seorang pelamar harus tetap melatih diri dalam wawancara agar bisa lolos dengan aman. Karena pada dasarnya, wawancara ini tidak selalu dapat anda kendalikan bila terjadi hal-hal yang diluar dari sepengetahuan anda. Maka dari itu alangkah baiknya mulai belajar wawancara dan melatih diri dalam menjawab pertanyaan agar setiap wawancara lolos dengan aman.

Terlalu Menekankan Pada Apa yang Diinginkan

Ketika melamar pekerjaan, pasti akan melewati tahap interview. Nah di tahap ini, perlu anda ketahui bahwa daripada menekankan apa yang anda inginkan, lebih baik tunjukkan apa yang dapat anda lakukan.

Kesalahan ini paling sering terjadi. Ketika wawancara, pelamar terlalu fokus pada apa yang diinginkan, sedangkan perusahaan berharap apa yang ia bisa berikan kepada perusahaan. Maka dari itu sebaiknya anda menjelaskan apa yang dapat anda berikan pada perusahaan dan bagaimana anda mencapainya di pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu perusahaan pasti bisa tertarik dengan anda.

Itu dia kesalahan yang sering dilakukan oleh para pencari kerja. Mungkin beberapa point terdengar remeh, namun penjelasan di atas merupakan kesalahan yang termasuk fatal dan bisa dilakukan berulang-ulang oleh seseorang tanpa disadari. Apa anda pernah melakukannya juga?

Bila iya, jangan perlu takut lagi! Cukup benahi saja dan mulai menghindari kesalahan tersebut. Mari mulai mencari lowongan pekerjaan di kitakerja.com.