Pengertian Pricing Objectives dan Manfaatnya

0
381
Pengertian Pricing Objectives dan Manfaatnya

Pengertian Pricing Objectives dan Manfaatnya – Pricing objectives adalah tujuan atau target yang ingin dicapai oleh suatu bisnis dalam menentukan harga produk atau jasa yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Tujuan atau target tersebut dapat bervariasi tergantung pada strategi bisnis yang diambil, kebutuhan pasar, dan tujuan jangka panjang perusahaan.

Beberapa contoh tujuan atau target yang umum dalam pricing objectives meliputi meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan laba, meningkatkan volume penjualan, atau mempertahankan posisi di pasar. Dalam menentukan pricing objectives, perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti biaya produksi, permintaan pasar, persaingan, serta aspek-aspek lain yang mempengaruhi harga dan profitabilitas bisnis.

Baca Juga : 10 Cara Memperkenalkan Diri Kepada Atasan Secara Profesional

Pengertian Pricing Objectives dan Manfaatnya

Tipe-tipe Pricing Objectives

Berikut ini adalah beberapa tipe pricing objectives yang sering digunakan oleh bisnis:

Profitability Objectives: tujuan untuk meningkatkan laba perusahaan dengan menentukan harga yang memungkinkan untuk mencapai target profitabilitas.

Sales Volume Objectives: tujuan untuk meningkatkan volume penjualan dengan menentukan harga yang lebih rendah daripada pesaing atau dengan memberikan diskon pada pembelian dalam jumlah besar.

Market Share Objectives: tujuan untuk meningkatkan pangsa pasar dengan menentukan harga yang lebih rendah daripada pesaing atau dengan memberikan insentif bagi pelanggan untuk memilih produk atau jasa perusahaan.

Product Quality Objectives: tujuan untuk menentukan harga yang dapat mempertahankan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Customer Satisfaction Objectives: tujuan untuk menentukan harga yang dapat memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan dengan menawarkan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Competitive Parity Objectives: tujuan untuk menetapkan harga yang sebanding dengan harga pesaing untuk menghindari kehilangan pangsa pasar.

Survival Objectives: tujuan untuk menetapkan harga yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan hidup bisnis dan menghindari kebangkrutan.

Manfaat Pricing Objectives

Manfaat dan pentingnya pricing objectives adalah sebagai berikut:

Membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis

Dengan menentukan pricing objectives yang tepat, perusahaan dapat mengarahkan upaya mereka pada pencapaian tujuan bisnis, seperti meningkatkan laba, meningkatkan pangsa pasar, atau meningkatkan volume penjualan.

Mengoptimalkan keuntungan

Dengan menetapkan harga yang tepat, perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa.

Menjaga daya saing

Dengan menentukan pricing objectives yang sejalan dengan tujuan perusahaan dan kondisi pasar, perusahaan dapat mempertahankan daya saingnya dalam persaingan bisnis.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan menentukan pricing objectives yang sesuai dengan nilai yang diberikan produk atau jasa, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis.

Menghindari kerugian

Dengan menetapkan harga yang tepat, perusahaan dapat menghindari kerugian yang diakibatkan oleh harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Menghindari perang harga

Dengan menetapkan pricing objectives yang sesuai dengan kondisi pasar, perusahaan dapat menghindari terjadinya perang harga yang merugikan semua pihak.

Secara keseluruhan, pricing objectives sangat penting untuk membantu perusahaan dalam menentukan harga produk atau jasa yang tepat, sehingga dapat mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan keuntungan. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi harga dan profitabilitas bisnis, perusahaan dapat memaksimalkan manfaat dari pricing objectives dan meningkatkan kinerja bisnisnya.