Perlukah Menolak Tawaran Kerja untuk Posisi yang Berbeda?

0
427
Perlukah Menolak Tawaran Kerja untuk Posisi yang Berbeda?

Perlukah Menolak Tawaran Kerja untuk Posisi yang Berbeda? – Seringkali HRD dari sebuah perusahaan menawarkan posisi yang berbeda dari yang kita lamar. Jika kamu termasuk salah satu orang yang mengalami hal tersebut, tentunya akan merasa bingung apakah harus menerima atau menolaknya. HRD sendiri memiliki berbagai alasan saat menawarkan posisi yang berbeda.

Baca Juga : Pengertian Pricing Objectives dan Manfaatnya

Beberapa Alasan HRD Menawarkan Posisi yang Berbeda

Kualifikasi dan pengalaman

Terkadang, seorang kandidat mungkin memenuhi kualifikasi untuk posisi yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang ia lamar. Dalam hal ini, HRD dapat menawarkan posisi yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki kandidat.

Ketersediaan posisi

Terkadang, posisi yang diinginkan oleh kandidat sudah terisi atau tidak tersedia saat itu. HRD dapat menawarkan posisi yang sejenis atau terkait dengan posisi yang diminta oleh kandidat.

Kebutuhan bisnis

Terkadang, kebutuhan bisnis dapat berubah atau berkembang, dan HRD dapat menawarkan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan pada saat itu.

Fleksibilitas

Terkadang, HRD dapat menawarkan posisi yang berbeda sebagai opsi yang lebih fleksibel bagi kandidat, terutama jika perusahaan memiliki banyak cabang atau proyek yang sedang berjalan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menerima Tawaran untuk Posisi Berbeda

Saat menerima tawaran untuk posisi yang berbeda dari yang telah dilamar, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan:

Kesesuaian dengan tujuan karir

Sebelum menerima tawaran untuk posisi yang berbeda, pastikan bahwa posisi tersebut masih sesuai dengan tujuan karir jangka panjang yang telah ditetapkan.

Kualifikasi dan pengalaman

Pastikan bahwa kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki cocok dengan persyaratan posisi yang ditawarkan. Jika terdapat perbedaan signifikan, sebaiknya pikirkan kembali keputusan untuk menerima tawaran tersebut.

Gaji dan manfaat

Pertimbangkan gaji dan manfaat yang ditawarkan untuk posisi tersebut, apakah sesuai dengan standar pasar dan sesuai dengan kebutuhan finansial.

Lingkungan kerja

Pertimbangkan juga lingkungan kerja di perusahaan dan tim yang akan bekerja di dalamnya. Pastikan bahwa lingkungan kerja dan tim tersebut sesuai dengan nilai dan budaya yang ingin dicapai.

Kemungkinan pengembangan karir

Tanyakan tentang kemungkinan pengembangan karir di perusahaan, terutama jika menerima tawaran posisi yang berbeda.

Kontrak kerja

Pastikan juga untuk membaca dan memahami kontrak kerja yang ditawarkan secara menyeluruh sebelum menerima tawaran.

Pertimbangkan alternatif lain

Jika posisi yang ditawarkan tidak sesuai atau tidak memenuhi ekspektasi, pertimbangkan alternatif lain seperti mencari posisi di perusahaan lain atau menolak tawaran tersebut.

Perlukah Menolak Tawaran Kerja untuk Posisi yang Berbeda?

Lantas perlukah menolak tawaran kerja untuk posisi yang berbeda? Menolak tawaran posisi yang berbeda dapat menjadi situasi yang tidak nyaman, tetapi penting untuk mengambil tindakan dengan sopan dan profesional. Berikut adalah beberapa tips untuk menolak tawaran tersebut dengan baik:

Berterima kasih

Luangkan waktu untuk berterima kasih kepada HRD atau pihak perusahaan yang memberikan tawaran tersebut. Ucapan terima kasih akan menunjukkan apresiasi dan rasa hormat terhadap perusahaan.

Jelaskan alasannya

Jelaskan secara jujur dan sopan mengapa Anda menolak tawaran tersebut. Berikan penjelasan yang spesifik, misalnya bahwa posisi yang ditawarkan tidak sesuai dengan tujuan karir atau kualifikasi Anda.

Bersikap sopan

Sampaikan penolakan dengan sikap sopan dan tidak memaksakan diri. Hindari menyampaikan kritik yang tidak konstruktif atau berkomentar negatif tentang perusahaan atau orang yang memberikan tawaran tersebut.

Sampaikan penolakan secara tertulis

Lebih baik menolak tawaran tersebut secara tertulis, seperti melalui email, surat, atau pesan teks. Hal ini akan memudahkan untuk menyampaikan penolakan dengan baik tanpa harus berdebat langsung dengan orang yang memberikan tawaran tersebut.

Tetap menjaga hubungan baik

Meskipun menolak tawaran tersebut, tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan HRD. Mungkin suatu saat nanti, perusahaan tersebut membutuhkan kandidat dengan kualifikasi dan pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka, dan Anda bisa menjadi calon yang potensial di masa depan.

Dengan menjalankan tips-tips tersebut, Anda dapat menolak tawaran posisi yang berbeda dengan sopan dan profesional, dan tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan.