Selain Apoteker, Berikut ini Pilihan Kerja Lulusan Farmasi

0
79
Selain Apoteker, Berikut ini Pilihan Kerja Lulusan Farmasi

Selain Apoteker, Berikut ini Pilihan Kerja Lulusan Farmasi – Pada dasarnya, farmasi mempelajari cara meracik, memformulasi, mengidentifikasi, membuat, mengkombinasi, menganalisis serta menstandarkan sebuah obat. Biasanya orang-orang yang bekerja sebagai apoteker ini mendalami ilmu farmasi di bangku kuliah.

Padahal sebenarnya, lulusan farmasi bisa lebih luas dari yang dibayangkan, tidak hanya menjadi seorang apoteker.

Berikut ini Pilihan Kerja Lulusan Farmasi

Tenaga Pengajar / Dosen

Lulusan farmasi juga bisa menjadi tenaga pengajar seperti dosen. Keuntungan menjadi seorang tenaga pengajar adalah anda dapat mengetahui berbagai perkembangan terbaru di dunia farmasi, sekaligus mendidik calon sarjana farmasi berkualitas.

Tapi biasanya untuk menjadi tenaga pengajar, tidak cukup hanya dengan ijazah S1 saja. Anda juga harus belajar lagi ke pascasarjana dan studi profesi. Setelah itu anda dapat mulai mencari kerja sebagai dosen di berbagai universitas.

Peneliti

Anda bisa menjadi seorang peneliti untuk pengembangan obat di Indonesia. Dengan begitu, anda dapat membantu perkembangan ilmu farmasi. Biasanya lowongan pekerjaan peneliti dapat anda temukan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta laboratorium klinik.

Untuk lulusan D3 Farmasi, anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai analis laboratorium. Anda juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan dokumen dan sampel, hingga membuat dokumen analisa fisika dan kimia.

Quality Management

Anda dapat bergabung menjadi Quality Management di sebuah perusahaan obat, makanan ataupun kosmetik. Bila anda ditempatkan di Quality Control, maka anda harus mengecek kadar dan kualitas obat. Selain itu, terkadang juga dibutuhkan di bagian Quality Assurance untuk mencari tau penyebab masalah bila adanya penyimpangan kadar dan kualitas produk.

Staff Regulasi

Biasanya perusahaan obat, makanan, jamu, dan kosmetik sangat berhati-hati dalam membuat produknya. Mereka selalu berusaha untuk mematuhi setiap aturan yang ada. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memahami semua standar produk yang berlaku.

Jadi untuk anda lulusan farmasi, jangan terpaku untuk mencari pekerjaan sebagai apoteker. Masih banyak peluang diluar sana yang membutuhkan keahlian anda.