Tips Jitu Bagi Pencari Kerja Agar Lolos Wawancara Kerja

0
171
Tips Jitu Bagi Pencari Kerja Agar Lolos Wawancara Kerja

Tips Jitu Bagi Pencari Kerja Agar Lolos Wawancara Kerja – Sebagai pencari kerja, tentu kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum melakukan wawancara kerja.

Sangat penting untuk memberikan kesan pertama yang baik pada saat wawancara kerja. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk belajar keterampilan wawancara.

Buat kamu yang akan menjalani wawancara kerja, tips dibawah ini mungkin bisa membantu.

Baca juga:


Tips Jitu Bagi Pencari Kerja Agar Lolos Wawancara Kerja

Berpenampilan rapi dan pantas

Saat wawancara kerja, penampilan merupakan hal pertama yang dilihat oleh perusahaan. Sebisa mungkin pakailah pakaian formal. Perlu diketahui, setiap perusahaan memiliki budaya berpakaian masing-masing.

Alangkah baiknya cari tau dahulu budaya berpakaian di perusahaan yang bersangkutan sebelum melakukan wawancara kerja.

Berikan kesan nonverbal yang baik

Menunjukkan kepercayaan diri yang baik pada saat wawancara kerja bisa memberikan kesan yang baik juga. Kesan nonverbal seperti kontak mata, berdiri tegak, hingga jabat tangan yang kuat bisa menjadi awal yang bagus.

Mendengarkan

Biasanya pewawancara akan memberikan informasi seputar wawancara dan perusahaan baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Pada saat ini, penting untuk mendengarkan semua hal yang disampaikan. Jika tidak, kamu akan kehilangan kesempatan dan peluang yang besar.

Hindari terlalu banyak bicara

Menjawab setiap pertanyaan yang diberikan memang penting. Namun jangan sampai lebih dari yang ingin diketahui. Bisa-bisa kamu berbicara hingga keluar dari konteks pembahasan. Hal tersebut bisa menjadi fatal bila terjadi.

Berikan pertanyaan

Seringkali pewawancara menanyakan apakah memiliki pertanyaan, kebanyakan calon karyawan akan menjawab “Tidak.”

Hal tersebut sebenarnya salah. Dengan mengajukan pertanyaan, artinya kamu menunjukkan minat bekerja pada perusahaan tersebut. Dengan bertanya juga memberikan kamu kesempatan untuk mengenal perusahaan lebih jauh.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam mencari kerja. Cari kerja ya di JovaDB aja!