Tips Negosiasi Gaji yang Harus Anda Pahami

0
208
Tips Negosiasi Gaji yang Harus Anda Pahami

Tips Negosiasi Gaji yang Harus Anda Pahami – Dalam proses rekrutmen, negosiasi juga menjadi tahap yang cukup penting untuk para calon karyawan. Negosiasi ini biasanya merupakan proses tawar menawar calon karyawan kepada perusahaan hingga mencapai kesepakatan benefit serta besaran gaji yang diterima oleh calon karyawan.

baca juga : Tips Buat Anda Untuk Tetap Menerima Gaji Meski Tidak Sesuai Harapan

Banyak calon karyawan yang masih belum paham bagaimana untuk bisa melakukan negosiasi dengan lancar serta menguntungkan bagi kedua belah pihak. Nah bagi anda yang sudah mau siap-siap untuk interview serta sudah mencapai tahap negosiasi gaji, coba boleh simak tips berikut ini.

Tips Buat Negosiasi Gaji Lancar

Survey Terlebih Dahulu

Sebelum negosiasi gaji dengan perusahaan, coba survey gaji terlebih dahulu. Cari tahu standar gaji dari posisi yang anda lamar. Jangan cuman perhatikan jenis industri perusahaan saja. Selain jabatan, jenis dari perusahaan juga mempengaruhi gaji. Contoh perusahaan pada bidang restoran tentu gajinya akan berbeda dengan perusahaan di bidang pertambangan, meskipun kedua perusahaan tersebut memiliki posisi dan jabatan yang sama.

Survey gaji ini berguna untuk anda dapat memperkirakan berapa nominal gaji yang dapat anda ajukan pada jabatan yang dilamar. Anda bisa mencari tahu nominal gaji tersebut melalui internet atau orang yang bekerja di perusahaan tersebut (tapi ini jika anda memiliki kenalan di dalam perusahaan tersebut).

Urutkan Kompetensi yang Anda Miliki

Sebagai pelamar, pastinya anda memiliki banyak macam kompetensi yang berguna agar dapat diterapkan dalam dunia kerja. Cobalah catat dan urutkan semua kompetensi yang anda kuasai sehingga bisa menjadi senjata untuk negosiasi gaji. Yakinkan perusahaan mengenai kompetensi anda sehingga dapat memberikan kontribusi besar kepada perusahaan.

Dengan menginformasikan semua kompetensi yang anda miliki, diharapkan perusahaan dapat mempertimbangkan penawaran gaji yang anda lakukan.

Hitung Biaya Operasional Bulanan Anda

Cobalah mulai menghitung kebutuhan bulanan anda sebelum negosiasi gaji dengan perusahaan. Setelah menghitung, coba cocokkan penawaran gaji dari perusahaan, pastikan semua kebutuhan anda tercover dengan besaran gaji yang ditawarkan perusahaan.

Bila yang ditawarkan tidak dapat mengcover semua kebutuhan bulanan anda, maka coba sampaikan minimal gaji yang diharapkan. Berikan alasan mengapa anda membutuhkan minimal gaji tersebut. Jangan sampai anda menerima gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional anda karena dapat menimbulkan masalah hidupmu.

Jadi proses negosiasi gaji itu bukanlah hal yang tabu untuk karyawan ataupun perusahaan. Negosiasi gaji ini merupakan cara yang dilakukan agar dapat mencapai kesepakatan bersama untuk kedua belah pihak. Pentingnya ini adalah komunikasi dengan perusahaan baik itu mengenai kebutuhan pribadi ataupun kompetensi yang dimiliki. Semoga anda lancar ya dalam negosiasi gaji!