5 Tugas Utama HRD, Apa Saja ya?

0
370
5 Tugas Utama HRD, Apa Saja ya?

5 Tugas Utama HRD, Apa Saja ya? – HRD atau human resource development menjadi salah satu bagian paling penting dalam sebuah perusahaan. HRD sendiri bisa diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia.

Sesuai dengan maknanya, HRD bertugas untuk mengelola sumber daya manusia atau karyawan pada sebuah perusahaan. Namun sebenarnya HRD memiliki tugas utama dan tanggung jawab yang cukup besar loh. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Sales Cocok Menjadi Pekerjaan Pertama Kamu

5 Tugas Utama HRD, Apa Saja ya?

Merencanakan Kebutuhan SDM Perusahaan

Merencanakan sumber daya perusahaan merupakan tugas utama dari HRD. Biasanya, hal ini dilakukan sebelum perusahaan merekrut karyawan. Tugas ini adalah tentang mencari kandidat yang tepat dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Perekrutan dan Seleksi Karyawan

Tugas kedua dari HRD adalah melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan. Tugas ini harus dilakukan agar mendapatkan sumber daya atau karyawan yang terbaik untuk perusahaan.

Proses rekrutmen sendiri akan berjalan dengan baik jika kamu sepenuhnya sudah mengerti visi dan misi perusahaan. Hal ini agar kamu dapat menyesuaikan calon karyawan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan untuk diprioritaskan.

Berikut tips agar proses rekrutmen mendapatkan karyawan terbaik:

  • Ketahui dan pahami apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Jelaskan secara menyeluruh job description-nya
  • Lakukan wawancara
  • Jalin komunikasi yang baik dengan calon karyawan
  • Tentukan indikator penerimaan
  • Pilih calon karyawan yang paling sesuai dan memiliki pengalaman yang positif

Manajemen Kinerja dan Evaluasi

Tugas lain dari HRD adalah manajemen kinerja dan evaluasi dari karyawan. HRD harus bisa memastikan karyawan bekerja dalam keadaan yang kondusif dan produktif.

Umumnya, hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai performance appraisal tools guna membantu HRD dalam menilai performa karyawan.

Pengembangan Karyawan

Selain mengelola, HRD juga bertugas untuk memastikan karyawan dapat berkembang dengan baik. Pengembangan ini antara lain adalah keterampilan atau skill yang dibutuhkan oleh mereka. Program pengembangan karyawan juga biasanya dirancang dari hasil kinerja karyawan.

Perencanaan karir

Membantu karyawan dalam membangun perencanaan karir juga termasuk dalam tugas utama HRD. Tugas ini tak hanya berguna bagi karyawan saja, namun juga memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Dengan perencanaan karir yang baik, produktivitas akan menjadi lebih tinggi dan perusahaan memiliki employer branding yang lebih kuat.