Tips Menjawab Pertanyaan Kenapa Harus Memilih Anda Saat Interview

0
134
Tips Menjawab Pertanyaan Kenapa Harus Memilih Anda Saat Interview

Tips Menjawab Pertanyaan Kenapa Harus Memilih Anda Saat Interview – Saat interview kerap kali menjadi saat-saat yang mendebarkan bagi kebanyakan orang. Berbagai pertanyaan seringkali ditanyakan kepada pelamar, mulai dari pertanyaan seputar pekerjaan hingga kepribadian.

Selain itu, pewawancara juga sering menanyakan pertanyaan yang terkesan sederhana, namun sering menjadi momok bagi para pelamar. Pertanyaan seperi “Kenapa harus memilih anda” dapat menjadi penentu apakah anda diterima atau tidak.

Jika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, ini bisa menjadi kesempatan anda untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan anda kepada perusahaan. Banyak hal yang bisa anda katakan seperti kemampuan anda, keterampilan teknis, penghargaan, hingga pencapaian yang pernah anda terima.

Hal lain yang juga bisa anda katakan adalah menggabungkan keterampilan yang anda miliki dengan pengalaman anda. Misalnya anda sudah pernah bekerja di bidang tersebut dan menguasai semua skill di bidang tersebut atau anda memiliki pengalaman memimpin sebuah  tim atau proyek.

Baca juga : Alasan Mengapa Magang itu Penting Untuk Mahasiswa

Tips Menjawab Pertanyaan Kenapa Harus Memilih Anda Saat Interview

Lantas apa saja hal-hal lain yang harus diperhatikan ketika menjawab pertanyaan tersebut? Yuk simak berikut ini!

Persiapkan diri dengan baik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan diri jika pertanyaan ini muncul. Anda bisa mencoba menyusun dahulu poin-poin penting dari jawaban anda dan mempraktikkannya di depan cermin atau di depan seseorang yang anda percaya. Dengan begitu, anda dapat memperbaiki hal yang salah atau kurang tepat dari latihan tadi.

Gaya bicara yang sopan

Saat menjawab pertanyaan tersebut, anda tidak harus terlalu formal. Anda boleh menggunakan gaya bicara sendiri asalkan tetap sopan. Perlu diingat, sebagus apapun kemampuan anda, jika tidak memiliki sifat dan sikap yang baik akan mengurangi kemungkinan anda diterima.

Hindari terlalu banyak bicara

Saat mempromosikan diri anda, pilihlah nilai jual anda yang paling menarik. Hindari berbicara terlalu banyak atau terlalu mengada-ada. Perlu diingat, pewawancara akan lebih percaya jika anda fokus pada nilai-nilai tertentu daripada anda mengklaim dapat melakukan segalanya atau ahli di segala bidang.

Itulah beberapa tips bagi anda yang mendapatkan pertanyaan seperti diatas saat interview. Semoga bermanfaat.